Nasi atau Roti? Apakah saya kecanduan karbohidrat?

01Saya adalah seorang wanita yang lebih doyan mengkonsumsi roti ketimbang nasi. Wanita seperti saya tidak akan bisa…

Seandainya saja ada fonder lion (karater mister donut) yang jatuh ke lantai dan pinggang saya akan seperti tabung yang dilingkari orang fonder ring yang berawarna daging, bisa diangkat dan anggg.. bisa dimakan dalam sekali gigit.  Saya benar-benar..

Bagaimana dengan kalian semua? Apakah anda lebih suka memakan roti atau nasi? Bagaimana pun juga, umumnya seorang wanita akan lebih suka mengkonsumsi roti ketimbang nasi. Terutama mereka yang ngidem ingin makan kue yang manis atau minuman yang manis setelah mengkonsumsi makanan yang pedas. Banyak kan orang-orang yang seperti itu? Hmm tidak juga ya? Apakah hanya diriku saja yang seperti itu?

01Namun sepertinya masalah kecanduan karbohidrat ini bukan masalah ringan, karena sekarang bahkan mereka memiliki tes untuk mengukur apakah anda termasuk pecandu karbohidrat atau tidak. Merupakan tes sederhana yang bisa melihat seberapa berat kadar kecanduan karbohidrat anda dan seberapa besar anda memiliki ketergantungan karbohidrat.

Analisa Kecanduan Karbohidrat

01* Anda lebih sering makan roti ketimbang nasi untuk sarapan?

* Sekitar jam 3~4 sore, anda mulai kehilangan konsentrasi dan merasakan rasa lapar.

* Ada saat-saat di mana anda merasa malas untuk mengkonsumsi nasi.

* Anda selalu ditemani oleh cokelat, dan makanan ringan lainnya di sekeliling anda.

* Anda tidak merasa kenyang setelah memakan nasi

* Anda tidak bisa tidur bila tidak memakan makanan sampingan di malam hari.

* Diet yang anda lakukan tidak bisa bertahan lebih dari 3 hari.

* Hanya dengan membayangkan makanan manis, rasa ingin makan anda pun bangkit.

01Belakangan ini analisa kecanduan karbohidrat ini menjadi topik hangat di internet atau komunitas forum. Karena seriusnya efek samping yang diberikan oleh kecanduan karbohidrat ini, banyak di antara mereka yang mulai memikirkan masalah ini secara serius.

Kecanduan karbohidrat ini adalah gejala yang tidak bisa mencegah makanan seperti roti, kue ketan, cokelat, dan makanan ringan lainnya.  Saya juga mengenal salah satu orang yang kecanduan karbohidrat sehingga saya pernah melihat dengan mata kepala saya sendiri bagaimana dia memakan 3 box choco pie sekaligus.

Saya bukan!! Walaupun saya sering mengkonsumsi makanan seperti mie ataupun ramyeon tapi saya tidak makan makanan manis sama sekali??!!

Banyak kan di antara kalian yang memiliki pikiran di atas? Ramyeon, mie ataupun makanan lain yang terbuat dari tepung terigu sama-sama mengandung karbohidrat, sehingga ibu-ibu kita yang lebih senang mengkonsumsi ramyeon, mie, sujebi dsb dibanding mengkonsumsi nasi… Bisa memiliki ketergantungan terhadap karbohidrat. Sehingga anda perlu mencoba melakukan tes analisa kecanduan karbohidrat.

01” Walaupun tidak manis, tapi makanan di atas juga termasuk kumpulan dari karbohidrat… Namun kenapa begitu melihat foto di atas, rasanya saya ingin makan kentang goreng…?? Sluurrppp…  Siapa saja, tolong tahan diriku!!!”

Mengapa bisa terjadi kencanduan karbohidrat?

01Minum kopi bukan berarti anda tidak bisa menjadi gemuk, kalian sudah tau kan? Belakangan ini Vanilla Latte ataupun Green Tea Latte ternyata memiliki kalori yang lebih tinggi dibandingkan Hot Chocolate!

Penyebab utama yang membuat anda kecanduan karbohidrat adalah jaringan gula sederhana yang bisa berubah menjadi glukosa dalam waktu singkat. Hal ini bisa meningkatkan kepekatan insulin di dalam darah, dan dengan demikian maka akan terbentuklah rantai maut. Di mana dengan tingginya insulin akan membuat anda menginginkan makanan manis, yang membuat anda memiliki insulin yang semakin tinggi dan seterusnya.

Bila anda mengalami kecanduan karbohidrat, akan mempengaruhi pengeluaran  sekresi dalam penyampaian saraf dan menurunkan kepekatan serotonin. Karena Serotonin berpengaruh untuk mengeluarkan rasa bahagia , maka secara naluriah akan mencari makanan manis-manis dalam tidak kesadaran untuk meninggikan kepekatan serotonin.

01Walaupun mungkin kalian semua sudah mengetahuinya dengan jelas, kecanduan karbohidrat bisa mengakibatkan berbagai macam penyakit seperti diabetes, darah tinggi, struk ringan pada otak, dan sebagainya… Yang menakutkan dari penyakit-penyakit tersebut adalah mereka merusak tubuh anda perlahan-lahan… Sangat perlahan-lahan… Walaupun anda merasa baik-baik saja ketika memakan makanan tersebut ketika anda masih muda, namun di saat anda mulai berumur, penyakit tersebut bisa membuat kesehatan anda tumbang dalam sekali waktu bahkan bisa mengakibatkan anda mengalami penyakit jantung dan sebagainya…

Untuk menghindari terjadinya kecanduan karbohidrat, maka anda harus mulai mengoreksi kebiasaan makan anda. Merupakan salah satu cara yang paling pasti dibandingkan olahraga.

021. Slow Food

Mengunyah secara perlahan dan berkali-kali, karena dengan mengunyah banyak maka akan membuat anda merasa kenyang.

2. Produk yang Rendah akan GI (Glycemic Index)

GI yang tinggi bisa menghasilkan insulin dalam darah yang tinggi juga, sehingga pilihlah makanan yang mengandung kandungan GI yang rendah. Pilihlah nasi biji-bijian dibanding nasi putih, dan konsumsi strawberry atau jeruk daripada mengkonsumsi anggur atau melon.

3. Jadikan tipe kacang-kacangan anda untuk makanan ringan anda

Mengkonsumsi sayur-sayuran sebagai makanan samping anda rasanya tidak cocok, karena anda bukan memakan makanan ringan untuk membuat diri anda merasa kenyang bukan? Tetapi karena gigi anda merasa bosan dan ingin mengunyah sesuatu sehingga anda mulai mencari makanan ringan. Pada saat ini, saya sangat menyarankan kismis dan kacang-kacangan. Mengkonsumsinya bisa membantu menghilangkan kebosanan anda dengan mengunyah dan adanya campuran kismis di dalamnya bisa membantu menghilangkan rasa ngidem anda pada makanan-makanan manis, sehingga merupakan makanan ringan yang sangat baik.

02“Gula jahat yang selalu membuat diriku merasa bimbang!!”

Menghentikan konsumsi gula sama susahnya seperti berhenti merokok! Ahh… rasanya semakin lama aku hidup di dunia ini, semakin banyak barang-barang yang tidak boleh dikonsumsi secara sembarangan… ㅠㅠ

We ARE ABLE TO COMMUNICATE IN INDONESIA LANGUAGE SO DON’T HESITATE TO CONTACT US AT:
Phone: +8210-3126-5153
Whatsapp / Line: +82104-869-357/+82104-4127-248
BBM: 5c4c7c19
Email: grand.in@hotmail.com
Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s