Kebiasaan menopang dagu bisa menjadi penyebab anda memiliki dagu menonjol!


123

 

 

Apakah benar dengan menopang dagu bisa membuat anda memiliki dagu menonjol?

Aku memiliki kebiasaan menopang dagu secara tidak sadar ketika sedang menonton televisi atau sedang duduk di depan meja. Walaupun sering mendengar orang di sekitar berkata bahwa hal tersebut bisa mengakibatkan dagu yang menonjol, namun lagi-lagi tanpa disadari aku kembali menopang daguku. Memangnya benar ya kalau kebanyakan menopang dagu bisa membuat dagu menonjol atau malah membuat anda menjadi tak berdagu? “Ya, benar”. GRAND Bedah Plastik akan membantu anda menjelaskannya lebih jauh.

01Dalam masa pertumbuhan, lekukan wajah anda juga turut membesar

Masa pertumbuhan bukan hanya membuat tubuh anda yang bertambah tinggi, tetapi juga membuat wajah anda menjadi lebih terbentuk. Oleh karena dalam masa pertumbuhan ini jangan sampai anda memiliki kebiasaan yang tidak benar, seperti menopang dagu, karena hal ini bisa membuat bentuk wajah anda berubah.

Sebelum operasi pembentukkan wajah di GRAND
Sebelum operasi pembentukkan wajah di GRAND

Sewaktu muda, bila anda memiliki kebiasaan seperti menopang dagu, tidur dengan ditopang oleh tangan anda, mengunyah makanan hanya di sebelah bagian mulut anda dapat membuat anda memiliki bentuk wajah yang tidak seimbang. Dan, aku juga sebenarnya memiliki kebiasaan mengunyah makanan hanya di sebelah saja ketika aku muda dulu, ditambah lagi kebiasaan menopang daguku, sehingga membuat wajahku terlihat asimetris seperti sekarang ini dan benar-benar membuat hidupku terasa sengsara. Selain itu juga membuat sendi rahangku menjadi agak bermasalah.

Berapa lama periode masa pertumbuhan rahang anda?

03Masa pertumbuhan untuk rahang bawah dan atas memiliki periode yang berbeda. Rahang atas akan terus bertumbuh sampai anda berusia 10 tahun, sementara untuk rahang bawah, selama ia mengeluarkan sekresi hormon maka ia akan turus bertumbuh dan kebanyakan kasus hal itu akan terus terjadi sampai umur 17~18 tahun. Sedangkan untuk para wanita, rahang bawah hanya akan tumbuh sampai umur 14~16 tahun, namun ada juga beberapa orang yang bisa bertumbuh lebih lama dari itu.

Masalah apa yang bisa timbul dari kebiasaan menopang dagu dan tidur dengan sebelah tangan saja?

Sebelum operasi di GRAND
Sebelum operasi di GRAND

Beberapa contoh masalah yang bisa timbul karena kebiasaan yang salah adalah dagu menonjol, wajah asimetris, tak berdagu, rahang bersudut, dan sebagainya. Di antara masalah yang timbul, kasus dagu menonjol yang memiliki perkembangan yang jauh lebih besar dibanding rahang atas bisa memberikan masalah karena bisa membuat kondisi di mana anda tidak memiliki bentuk gigi yang benar, membuat bukan hanya memiliki wajah yang kurang sedap dipandang dari segi estetika tetapi juga membuat anda memiliki masalah secara fungsional.

Misalnya dikarenakan urutan gigi yang tidak benar membuat anda memiliki masalah ketika mengunyah makanan, kemudian membuat anda tidak bisa melafalkan kata-kata anda dengan sempurna. Karena kesulitan mengunyah membuat anda harus menelan makanan yang belum tercerna dengan baik sehingga bisa memberikan gangguan pencernaan. Sehingga membuat pencernaan anda menjadi buruk.

05Mari mengubah cara anda makan dan banyak-banyaklah mengunyah!

Belakangan ini karena orang-orang lebih memilih makan makanan yang kebarat-baratan seperti roti ataupun daging dan tidak lagi mencari makanan seperti sayuran atau buah-buahan yang agak keras dan memerlukan anda untuk mengunyah lebih sering. Sehingga membuat beberapa orang memiliki masalah tak berdagu, karena hal tersebut bisa menyebabkan pertumbuhan rahang bawah menjadi kurang seimbang.

Kondisi tak berdagu adalah saat di mana rahang atas anda memiliki perkembangan yang lebih sempurna dibandingkan rahang bawah anda. Di mana membuat rahang anda terlihat masuk ke arah belakang sehingga membuat bentuk mulut anda terlihat seperti orang sedih dan secara keseluruhan memberikan kesan ‘loyo’ pada wajah anda.

Rahang yang mendapatkan kembali keseimbangannya setelah operasi pembentukkan tulang rahang
Rahang yang mendapatkan kembali keseimbangannya setelah operasi pembentukkan tulang rahang

06Untuk menghindari kasus tak berdagu, maka sewatu masa pertumbuhan anda, makanlah makanan seperti sayur-sayuran, ikan teri, ataupun kacang-kacangan dan rajin-rajinlah melakukan olahraga rahang dengan mengunyah dengan jumlah yang tepat sehingga anda bisa memiliki pertumbuhan rahang bawah yang tepat. Walaupun mengunyah sangatlah penting, namun memakan makanan seperti sotong atau cumi-cumi yang agak alot bisa membuat otot di bagian sudut rahang anda menjadi bertumbuh sehingga membuat anda memiliki sudut rahang kotak, sehingga anda harus berhati-hati.

07

Bagaimana bila anda sudah terlanjur menjadi orang dewasa dengan bentuk rahang yang berubah? Lakukan operasi pembentukkan wajah setelah anda berusia 18 tahun.

Bila anda sudah terlanjur melewati masa pertumbuhan dan kini memiliki bentuk rahang yang tetap, dan karena kebiasaan yang salah anda memiliki bentuk wajah yang aneh, anda boleh mempertimbangkan untuk mengadakan operasi sudut rahang kotak atau operasi kedua belah rahang. Dan bila dilakukan dengan pemasangan kawat gigi, bukan hanya bisa membenarkan garis wajah anda, tetapi juga bisa merapikan urutan gigi anda.

23

 

Namun operasi yang memiliki sangkut paut akan rahang dan tulang wajah sangatlah penting sehingga harus dilakukan setelah anda melewati masa pertumbuhan, di mana anda sudah berumur 18 tahun. Karena bila operasi dilakukan sebelum anda melewati masa pertumbuhan, maka setelah operasi pun, bentuk rahang anda masih bisa berubah dan bisa kembali mengakibatkan perubahan pada bentuk tulang rahang anda.

345

 

Kebiasaan menopang dagu? OH NO!! Bila anda ingin memiliki bentuk wajah yang indah, buanglah kebiasaan anda menopang dagu!!

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s